top of page

10 Pesan Ki Hajar Dewantara untuk Milenial




Selamat Hari Pendidikan Nasional



Sosok Ki Hajar Dewantara amat lekat dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Tanggal 2 Mei adalah hari kelahirannya. Ia lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889.


Ki Hajar Dewantara memiliki sederet pesan bagi para penerus bangsa ini, termasuk kalian para milenial :


1. Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.


2. Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan.


3. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.


4. Dengan ilmu kita menuju kemuliaan.


5. Meskipun mengenyam pendidikan di tempat yang sama dan didik oleh guru yang sama, tentunya setiap murid punya jalannya sendiri-sendiri.


6. Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir.


7. Mempunyai ketetapan, tidak tergoyahkan, berisi dengan berilmu pengetahuan, hingga yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa apa yang dilakukannya adalah benar dan baik.


8. Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya.


9. Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai rakyat.


10. Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa. Dunia pendidikan tak lepas dari para pengajar alias guru, para pejuang tulus tanpa tanda jasa yang mencerdaskan kehidupan bangsa.



“Ing ngarso sung tuladha, ing madyo mbangun karsa, tut wuri handayani.”


“seorang pemimpin harus menjadi teladan, seorang pemimpin harus terus membangkitkan semangat, seorang pemimpin harus memberikan dukungan dan dorongan moral untuk selalu berkehendak baik.”


Ki Hajar Dewantara




Sumber : KalderaNews.com



479 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page