top of page

Balapan Mobil Listrik Pertama di Indonesia itu Digagas oleh Anies, Legacy Tak Tertandingi


Calon Presiden 2024 dari Partai NasDem, Anies Baswedan meninggalkan sebuah legacy prestisius ketika dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Dia menggagas gelaran Formula E pertama di Indonesia yang digelar di kawasan Ancol, Jakarta pada tahun 2022.


Prestasi ini tidak terlepas dari peran Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan yang merupakan penggagas Jakarta sebagai tuan rumah Formula E.


Tepat setahun lalu, 4 Juni 2022, gelaran balap mobil listrik tingkat dunia ini sukses digelar dan menjadi catatan sejarah bagi Kota Jakarta.


Selain mencatatkan keberhasilan pertama kali event balapan internasional Formula E diadakan di Jakarta, gelaran Formula E ini juga mendapatkan sambutan antusias dari warga Jakarta dan Indonesia sehingga menciptakan kesan positif di dunia.


Pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Arena dan sarana gelaran balap mobil listrik ini memakan waktu 54 hari. Kendati demian berhasil menggelar balapan ini dengan sukses tanpa kendala.


Menurut laman resmi Formula E, seri Jakarta tahun 2022 tercatat disaksikan oleh 13,4 juta penonton di Indonesia, jumlah penonton terbesar dalam sejarah Formula E.


Kini pada tahun 2023, gelaran Formula E kembali digelar di Jakarta. Hal ini tentunya berkat tersedianya seluruh sarana dan prasarana yang telah ada sejak balapan perdana Formula E di Jakarta pada tahun 2022.


Dalam gelaran kedua Formula E pada 2023 sekarang, Anies Baswedan turut menyaksikan balap mobil tersebut yang diselenggarakan di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (3/6).


Anies Baswedan membagikan pengalaman menonton balapan mobil Formula E di akun Instagramnya, @aniesbaswedan. Dia hadir menjadi warga biasa tanpa memanfaatkan hak istimewa yang dimilikinya.


Tampak Anies berpanas-panasan dengan mengantri untuk memasuki arena sirkut. Ia juga berbaur dengan warga lain yang datang untuk menonton.

"Kami sekeluarga menonton balapan dari Grand Stand 2E, area yang lumayan dekat dengan lintasan sehingga menghasilkan sensasi nonton yang luar biasa," tulis Anies Baswedan.

Tidak lupa Anies Baswedan juga memberikan apresiasi kepada semua orang yang telah bekerja keras demi kesuksesan terselenggaranya acara tersebut.

"Apresiasi kepada semua yang bekerja di balik layar, yang bekerja secara konsisten, yang bekerja penuh semangat untuk mengibartinggikan nama baik Indonesia. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar, penontonnya senang, dan roda perekonomian juga bergerak," tulis Anies.

Unggapan dan sikap Anies Basdewan dalam balap mobil Formula E tersebut mendapatkan tanggapan positif dari warganet.

"Jasa pak Anies menggagas lahirnya Formula E, gak akan hilang dari benak rakyat Jakarta pak, jadi legacy. Kebayang kan jika Presiden RI di 2024 nanti, sosok yang tetap rendah hati spt ini. Barakallah pak," kata salah seorang warganet mengomentari unggahan Anies.
6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page