top of page

Ribuan Pelajar di Tana Toraja Terima Beasiswa Jalur Aspirasi Eva Stevany Rataba



Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Eva Stevany Rataba terus memperlihatkan komitmennya dalam memperjuangkan beasiswa bagi anak sekolah dan mahasiswa di daerah pemilihannya, Sulsel 3.


Di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, ribuan orang tua peserta didik merasakan antusiasme yang luar biasa ketika mereka menerima bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP).


Pada tahap pertama tahun anggaran 2023, sebanyak 1.900 peserta didik mendapatkan beasiswa PIP melalui jalur Aspirasi Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Eva Stevany Rataba.


Penyerahan beasiswa ini menjadi momen penuh harapan bagi orang tua siswa SD, SMP, dan SMA/SMK di Kecamatan Makale. Acara penyerahan berlangsung dengan meriah di gedung Tammuan Mali Makale, Kabupaten Tana Toraja, pada Jumat, 1 September 2023.


Eva Stevany Rataba, Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Nasdem, menjelaskan bahwa Program Indonesia Pintar (PIP) sangat penting untuk mengatasi masalah angka putus sekolah di Tana Toraja. Dia percaya bahwa daerah dapat dianggap maju ketika memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, terutama melalui pendidikan.

“Ini beasiswa PIP melalui jalur aspirasi, jadi sebanyak 1.900 peserta didik SD, SMP dan SMA yang mendapat. Ini agar angka putus sekolah di Tana Toraja dapat ditekan,” ujar Eva.

Legislator NasDem asal Toraja itu juga menekankan bahwa orang tua tidak lagi memiliki alasan untuk tidak menyekolahkan anak-anak mereka. Dia berharap agar bantuan beasiswa tersebut digunakan dengan bijak dan memastikan bahwa tidak ada lagi anak yang harus putus sekolah karena kendala biaya.

“Jangan lagi ada anak-anak kita yang putus sekolah hanya karena tidak ada biaya. Apa gunanya gedung mewah, sarana dan prasarana sekolah bagus tapi tanpa SDM yang unggul,” tandas Eva Rataba.

Salah satu orang tua murid, Kristina mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan ini. Sebagai seorang ibu rumah tangga, dia merasa terbebani ketika harus menyekolahkan ketiga anaknya yang bersekolah di SD dan SMP. Bantuan PIP ini meringankan beban keuangan keluarganya.

"Sedikit berkurang beban karena tidak dipikir lagi biaya sekolah. Apalagi kita ini hanya ibu rumah tangga, pak, dengan anak 2 SD dan 1 di SMP. Puji Tuhan sudah saya dapat PIP ini, terima kasih ibu Eva Rataba," ungkap Kristina.

Tahap pertama tahun 2023 menjadi awal yang menggembirakan, di mana sebanyak 15 ribu pelajar di Kabupaten Tana Toraja mendapatkan bantuan beasiswa PIP melalui jalur aspirasi Anggota Komisi X DPR RI. Dengan dukungan Eva Stevany Rataba dan program ini, pendidikan di Tana Toraja mendapatkan dorongan yang kuat menuju masa depan yang lebih cerah.


Sejak tahun 2020 hingga 2023, Eva Stevany Ratab terus memperjuangkan dan menyalurkan PIP serta KIP Kuliah kepada kurang lebih 100 ribu anak sekolah serta mahasiswa di Dapil 3 Sulsel.



52 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page