Barlie : Sekolah Daring Memicu Aksi Kriminalitas Siswa SMP



Maraknya kasus asusila dan tindak penganiayaan yang dilakukan siswa SMP, membuat miris Anggota Komisi D DPRD Jember Fraksi Partai NasDem, Dannis Barlie Halim. Hal tersebut dinilainya sebagai salah satu dampak dari pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan.


Barlie secara khusus menyoroti kebijakan sekolah daring. Menurutnya, kebutuhan pembelajaran dan pendidikan tidak cukup hanya dilakukan lewat daring.


“Saya sempat mendengar kasus-kasus seperti itu (Kriminalitas siswa SMP), sangat miris sekali. Anak-anak SMP ini kader-kader bangsa, tunas muda. Apalagi saya juga (sebagai) orang tua. Saya sangat miris mendengarnya,” kata Barlie saat dikonfirmasi di gedung DPRD Jember, Kamis (31/3/2022).

Menurut Barlie, kondisi pembelajaran secara daring dinilai kurang tepat. Meskipun disadari saat terjadinya pandemi, mau tidak mau proses pembelajaran hanya bisa dilakukan dari rumah.


“Karena sekarang sistem belajar mengajar itu online. Kalau dari pengalaman saya sebagai orang tua, yang saya lihat adalah Interaksi antara guru dan murid itu jadi sangat terbatas. Jadi hanya tugas dan tugas saja,” ulasnya.

Lebih jauh Barlie menilai bahwa jika dilakukan pembelajaran langsung di sekolah, akan ada perbedaan manfaat yang besar didapatkan siswa, yakni adanya etika dan pelajaran yang diberikan secara langsung.


“Jadi PTM ini (ke depan) yang kami harapkan, anak-anak selain mendapatkan pendidikan formal, juga mendapat pendidikan etika, agama, dan juga kurikulum yang lain. Sehingga lebih komplek keilmuan yang diberikan,” tegas Barlie.

Dengan kondisi saat ini yang sudah melangkah ke arah endemi, Barlie mengungkapkan dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan serius soal pendidikan karakter. Ia bersama anggota Komisi D lainnya sangat berharap adanya sinergi dari Dispendik dan juga Komite Sekolah (orangtua), yang harus bersinergi untuk mengatasi masalah-masalah sosial.


“Kita akan dorong untuk rapat internal (Komisi D) untuk memanggil pihak-pihak terkait. Kita mencari jalan terbaik agar segera tertangani dan tidak menyebar luas masalah ini. Supaya anak-anak ini belajar dan bermain sesuai dengan usianya,” pungkas Barlie.


Sumber : faktualnews.co





#DannisBarlieHalim #Barlie #MilenialJember #NasDemMilenialJember #MilenialNasDemJember #MilenialNasDem #NasDemMilenial #Jember #PartaiNasDem #AnakMuda #AnakMudaJember #NasDemJember #DPRDJember #SMP #NasDemMuda #SekolahDaring #Kriminalitas

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua