Cara Mengganti Background Zoom di PC, HP Android, dan iPhone


Sebagian besar dari kita tentu sudah pernah menggunakan aplikasi Zoom. Entah itu untuk meeting, kelas online, atau sekedar bertegur sapa dengan teman dan kolega. Platform ini mampu menyediakan layanan video konferensi secara mudah, sehingga mendapatkan peningkatan pengguna terutama di kondisi WFH saat ini.



Terkadang saat hendak menggunakan Platform ZOOM, kita merasa bingung dalam memilih latar belakang atau background yang pas. Ternyata ada cara untuk kita mengganti dengan bebas background Zoom. Kita dapat membuat seolah-olah sedang berbicara dari pantai, gunung dan di tempat indah lainnya. Meskipun "fake", namun ini dinilai lebih baik daripada mengambil latar belakang seadanya yang dapat membuat orang lain tidak merasa nyaman karenanya.


Berikut adalah cara dan langkah-langkah untuk mengganti background Zoom di PC, HP Android & iPhone :


Untuk PC


Sebelum mulai mengganti background pada desktop, kita perlu install dan pasang dulu aplikasi ini di perangkat kita. Setelah itu, jalankan langkah-langkah pengaturan di bawah:

  1. Buka aplikasi dan sign in. Kita bisa menggunakan email yang dimiliki.

  2. Setelah itu, klik menu Profile Picture lalu klik Setting

  3. Pada bar menu bagian kiri, klik tab Virtual Background

  4. Di dalam menu tersebut, kita bisa memilih background default yang sudah disediakan Zoom atau juga bisa mengunggah gambar pilihan sendiri.

  5. Kalo kita sudah menyiapkan green-screen untuk latar belakang, kita juga bisa memilih menu yang tersedia di bagian ini.

  6. Sedangkan untuk menambahkan gambar atau video bikinan kita sendiri sebagai latar belakang, klik ikon ‘+’. Mudah, bukan?

Kalo kita sudah terlanjur bergabung dengan sebuah meeting online, bisa juga kok mengubah background. Begini langkah-langkahnya:

  1. Di bagian bawah, klik ikon panah arah atas yang terletak di sebelah ikon Stop Video.

  2. Pilih menu Change Virtual Background

  3. Di menu ini, kamu bisa memilih background default yang sudah disediakan Zoom atau mengunggah gambar pilihanmu sendiri.




Untuk HP Android


Dari segi fitur dan layanan, sebenarnya layanan Zoom di HP Android tak terlalu jauh berbeda dengan versi desktop. Kita bisa bebas bergabung dengan meeting, berbagi layar, mengirim dan menerima pesan, mengundang peserta lain untuk bergabung, dan masih banyak lagi.


Bahkan, berdasarkan pembaruan aplikasi yang baru saja diluncurkan perusahaan. Pengguna Zoom di HP Android kini bisa melaporkan pengguna tertentu selama meeting, mencegah anggota di luar meeting untuk ikut terlibat dalam pertemuan, serta perbaikan bug minor.


Sayagnya, di antara berbagai kelebihan dan kemiripan layanan yang kita temukan, Zoom versi Android belum menyediakan layanan mengganti background. Jika kita menggunakan aplikasi Zoom versi Android untuk melakukan konferensi video, latar belakang bakal menunjukkan kondisi sesuai dimana kita berada.



Untuk iPhone

Untuk yang menggunakan aplikasi Zoom di iPhone. Terutama bagi yang sudah menggunakan seri iPhone 8 atau yang lebih baru, kini kita sudah bisa mengganti background Zoom sesuka hati. Namun, cara mengganti background Zoom untuk iPhone hanya bisa dilakukan selama proses meeting berlangsung. Berikut cara dan langkah-langkahnya :

  1. Kita tentunya perlu bergabung dengan sebuah meeting terlebih dulu.

  2. Tap More yang terletak di bagian bawah layar sebelah kanan

  3. Tap menu Virtual Background

  4. Kemudian tap ikon ‘+

  5. Pilih gambar yang ingin dijadikan sebagai latar belakang video konferensi.


Efek virtual background tersebut bakal jadi lebih baik kalau gambar yang digunakan memiliki tingkat kontras tinggi. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan efek dari gambar dengan penggunaan green screen.

Virtual background tersebut masih bisa diganti sekalipun kita tidak sedang menggunakan green screen. Hanya saja, bakal ada lag seperti gambar yang patah-patah, atau terlihat buram.


Itulah cara mengganti background Zoom di PC, HP Android & iPhone. Mudah bukan?


Semoga dengan mengganti bakcground, kita jadi semakin bersemangat dan terasa menyenangkan saat tengah beraktivitas menggunakan aplikasi Zoom.

58 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua