top of page

[Cek Fakta] Erick Thohir Bakal Laporkan Anies Baswedan terkait Argentina



Beredar di Youtube sebuah video yang menarasikan bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan melaporkan Anies Baswedan ke polisi karena telah membatalkan Timnas Sepak Bola Argentina datang ke Indonesia.


Video berdurasi 05.04 menit itu diunggah oleh channel Youtube bernama MEDIA NASIONAL pada 2 Juni 2023 dengan judul “Murka !! Erik Tohir Akan laporkan Anies ke Polri Gara2 Suruh Batalkan Argentina Datang Ke Indonesia.”


Narasi Dalam video tersbut bersumber dari cuitan twitter @yaracantik pada akhir 2021. Sayangnya, sumber tersebut sudah tidak ditemukan karena sudah dihapus. Unggahan terakhir akun tersebut dilakukan pada Mei 2014, berisi tentang hal pribadi tentang kesehatan.


Pertandingan Juventus, Real Madrid, dan Barcelona yang dimaksud dalam video tersebut adalah pertandingan tim U-20 (Under 20) atau atlet berumur di bawah 20 tahun yang akan diagendakan berlaga dalam rangkaian acara International Youth Championship (IYC) yang sedianya digelar pada tanggal 4-11 Desember 2021 di Jakarta dan Bali.


Artinya, itu berbeda dengan komposisi Timnas Argentina yang akan datang ke Indonesia, di mana rata-rata pemainnya berumur di atas 20 tahun.

Batalnya kedatangan tim U-20 dari 3 klub bola raksasa tersebut pada akhir Desember 2021 dikarenakan melonjaknya kasus Omicron sehingga pemerintah mengambil keputusan untuk membatalkan kegiatan olahraga yang melibatkan banyak orang.


Mengutip Medcom, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung sikap Pemerintah Indonesia memberlakukan pembatasan masuknya orang asing. Pembatasan ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 jenis Omicron.


"Sesuai dengan arah kebijakan pemerintah RI telah diputuskan bahwa seluruh kegiatan olahraga dan kegiatan kebudayaan yang melibatkan orang asing dan berpotensi melibatkan orang banyak tidak diperbolehkan sementara ini," kata Anies, Jumat 3 Desember 2021.

Selanjutnya, video tersebut juga memuat statement Ketum PSSI Erick Thohir dan Waketum PSSI Zainuddin Amali. Namun, isi statement keduanya berkaitan dengan pertandingan sepak bola di SEA Games 2023 dan kemenangan Timnas Indonesia.


Sehingga dapat disimpulkan bahwa statemen Erick dan Zainuddin dalam video tersebut tidak berkaitan dengan Timnas Argentina yang akan berlaga dengan Timnas Indonesia pada pertandingan persahabatan FIFA Matchday Senin depan.


Kesimpulan:


- Video di Youtube berjudul “Murka!! Erik Tohir Akan Laporkan Anies ke Polri Gara2 Suruh Batalkan Argentina Datang ke Indonesia” adalah hoax alias berita bohong.


- Timnas Argentina tetap datang ke Indonesia pada FIFA Matchday di Jakarta, 19 Juni 2023. Hanya Lionel Messi yang tidak ikut berlaga.


- Kedatangan Timnas Argentina pada 19 Juni 2023 tidak berhubungan dengan batalnya kedatangan tim (U-20) Juventus, Real Madrid, dan Barcelona yang seyogyanya hadir pada laga International Youth Championship (IYC) tanggal 4-11 Desember 2021.


- Batalnya tim-tim besar dunia itu berhubungan dengan kebijakan pemerintah terkait melonjaknya kasus Covid-19 varian omicron pada akhir 2021. Dan bukan dibatalkan sepihak oleh Anies Baswedan.


Timnas Indonesia Vs Timnas Argentina


Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timnas Argentina pada FIFA Matchday yang akan berlangsung pada Senin, 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.


Mengutip Detik, FIFA Matchday merupakan laga persahabatan yang berpengaruh pada ranking FIFA. Ada poin tambahan jika menang atau seri, dan poin minus jika seri atau kalah.


Poin itu mengacu pada peringkat tiap tim di ranking FIFA. Indonesia bisa dapat poin besar yakni + 9,55 poin jika menang dan +4,55 poin jika seri. Kalau kalah, poin Indonesia berkurang -0,45.


Sementara jika Argentina menang, mereka akan dapat poin hanya +0,45. Itu karena, peringkat Argentina di ranking FIFA ada di urutan pertama, sedangkan Indonesia di peringkat ke-149. Selain melawan Argentina, Skuad Garuda juga akan menjajal Timnas Palestina.


Alasan Messi Tidak Ikut Tanding


Mega bintang Argentina, Lionel Messi tidak ikut bertanding melawan Indonesia pada FIFA Matchday Senin depan. Kepastian Messi tidak datang ke Indonesia disampaikan jurnalis media Argentina TyC Sports, Gaston Edul, dalam laporannya pada Selasa (13/6/2023) malam WIB.


"Leo Messi akan menjadi starter melawan Australia, tetapi dia tidak akan pergi ke Indonesia. Dia tidak akan bermain pada pertandingan kedua," kata Gaston Edul, mengutip Kompas.


Lionel Messi yang juga kapten timnas Argentina itu dikabarkan bakal menjalani liburan usai laga melawan Australia, sebelum memulai musim baru bersama tim Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat yaitu Inter Miami.


Pemain beralias La Pulga itu memang sudah memutuskan bergabung dengan Inter Miami setelah tidak memperpanjang kontraknya di Paris Saint-Germain (PSG).


"Memang layak setelah musim yang penuh gejolak di Paris Saint-Germain, yang merupakan musim terakhir petualangannya di Paris," lanjut TyC Sports.


Tanggapan Erick Thohir: Ini bukan pertandingan All-Stars


Erick Thohir menjawab kekecewaan para penonton yang telah membeli tiket pertandingan laga Indonesia melawan tim nasional (timnas) Argentina. Dengan mengatakan bahwa pertandingan itu bukan timnas Indonesia melawan all stars.


"Saya sampaikan sejak awal kita ini kan pertandingan tim nasional indonesia dan tim nasional argentina. Kalau timnas Indonesia sama Messi saja berarti pertandingan tim nasional dan Messi All Stars, beda," tuturnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).


Ia lebih jauh mengatakan pertandingan tersebut merupakan FIFA Matchday. Tujuannya Indonesia mencari poin, sebelum melawan Timnas Argentina, Indonesia dijadwalkan akan melawan Timnas Palestina, Rabu (14/6).

23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page