top of page

Kawal Pendaftaran Caleg NasDem di Kamis Sakral, SYL Optimis Menang


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan hari Kamis memiliki arti “kemenangan” dalam tradisi Bugis Makassar. Itu berkaitan dengan hari pendaftaran calon legislatif (caleg) dari Partai NasDem ke Kantor KPU yang bertepatan dengan hari Kamis, tanggal 11, jam 11.00 WIB.


Pemilihan tanggal pendaftaran caleg Partai NasDem ini menurut Syahrul mengandung arti baik sehingga dirinya optimistis partai yang dipimpin Surya Paloh ini akan meraih kemenangan pada pileg mendatang, bahkan di pilpres karena NasDem telah lebih dulu memiliki capres dari partai-partai lain.

“Oleh karena itu, dari tanda-tanda ini, sesudah kita melewati hari yang ada, ini lah hari terbaik bagi NasDem,” kata Wakil Ketua Dewan Pakar Partai NasDem itu saat berpidato sebelum melepas caleg mendaftar ke Kantor KPU, Kamis (11/5/2023).

Persiapan yang telah dilakukan oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bappbilu) Partai NasDem yang diketuai oleh Prananda Paloh pun terbilang sangat matang. Mesin penenangan pun telah dipersiapkan jauh-jauh hari.


Persiapan pendaftaran tersebut juga dimulai di hari baik, yaitu pada Jumat, tanggal 5, bulan 5, jam 5. Bagi mayoritas warga Indonesia, hari Jumat juga merupakan hari baik yang dipercaya memiliki berkah tersendiri.

“Persiapan kami mulai tanggal 5, bulan 5, jam 5, dan persiapan itu menunggu petunjuk ketua umum sebagai pimpinan tertinggi kita,” kata mantan Gubernur Sulawesi Selatan 2 periode ini.

Persiapan pendaftaran caleg ini merupakan pekerjaan yang tak mudah karena menyangkut pemilihan serentak yang melibatkan caleg daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi sekaligus pusat. Bahkan sempat terjadi perdebatan mengenai tanggal pendaftaran tersebut yang sempat diusulkan di tanggal 10 Mei.


Namun, atas persetujuan dan petunjuk Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, akhirnya tanggal 11 lah yang dipilih sebagai tanggal yang tepat untuk mendaftarkan caleg.

“Ketua umum mengajarkan kita bagaimana menghadapi dan menjawab tantangan. Bagaikan pelaut ulung, angin sekuat apa pun, tinggal menyesuaikan layar, justru kalau tidak ada tantangan, bagi pelaut yang ulung tidak bisa berbuat apa-apa. Itu lah Partai NasDem yang kita kawal,” kata dia.

Pada gelaran pileg kali ini, Partai NasDem mendaftarkan 580 kursi untuk caleg DPR RI, 2.373 kursi DPRD provinsi dan 17.510 caleg yang akan bertarung di kabupaten/kota.

“Insyaallah seluruh daerah bergerak hari ini, pada yang telah ditetapkan. Koordinasi yang sangat solid dari jajaran pengurus ini, saya melihat ini lah konsolidasi paling solid partai politik, baik di DPC, DPW dan pusat,” ungkapnya.

Agenda penyerahan berkas pendaftaran ke Kantor KPU dimulai dari tiga titik kumpul, yaitu di NasDem Tower, Taman Suropati, dan Kantor KPU, yang diringin longmarch dengan melibatkan sejumlah elemen pendukung.

“Sesuai perintahnya Prananda dan kakak Willy, long march ini akan diikuti oleh Korps Musik ada 10 personil, kemudian ada flashmob 50 personil, kader dan sayap partai 75 personil baret termasuk Kostranasada 50 personil, dan kurang lebih 50 ojol,” ucapnya.

Melibatkan ojol atau ojek online ini bukan tanpa alasan. Partai NasDem ingin sekaligus menekankan bahwa aktivitas politik harus juga menjadi penggerak bagi perekonomian masyarakat.


Dengan persiapan yang begitu matang, Mentan SYL semakin yakin Partai NasDem akan menjadi partai pemenang di pemilu mendatang karena persiapan ini jauh lebih matang bila dibandingkan dengan lima tahun lalu.

“Mudah-mudahan ini tanda-tanda kemenangan dan tanda-tanda kebesaran partai,” pungkasnya.
36 tampilan0 komentar

Коментарі


bottom of page