top of page

Masa Depan Sehat Mental, Program Anies Baswedan untuk Anak Muda



Beberapa isu yang berkaitan dengan anak muda dibicarakan oleh Anies Baswedan dalam talkshow Hari Menjadi Manusia di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu (29/7). Salah satu isu generasi muda yang menyorot perhatiannya adalah kesehatan mental.


Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan mengharapkan anak-anak muda Indonesia di masa depan dapat berkreasi dan bekerja tanpa harus menanggung beban mental yang berat.


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkeinginan untuk membantu anak-anak muda agar tidak overthinking. Untuk itu, Anies membeberkan sejumlah program yang dia nilai akan dapat membantu anak muda sehat secara mental. Hal itu seperti terlihat dalam unggahan Instagramnya di akun @aniesbaswedan, Senin (31/7).


Salah satu yang disoroti oleh Anies adalah soal perlunya hunian terjangkau dan transportasi publik yang nyaman serta murah. Dia juga menilai perlunya akses pendidikan dan lapangan kerja yang mudah bagi generasi muda.

"Bantu sediakan hunian terjangkau, transportasi publik nyaman dan murah, mudah dapat pendidikan dan pekerjaan, jaga kualitas udara," tulis Anies di akun Instagramnya.

Anies juga berharap ruang publik banyak disediakan oleh pemerintah ke depan supaya anak-anak muda bisa menyalurkan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab. Dengan cara itulah, pikiran anak muda akan lebih stabil.


Bahkan Anies memiliki cita-cita jika semua anak muda yang orang tuanya sakit bisa mendapat bantuan biaya pengobatan dari pemerintah sehingga mereka bisa tetap fokus pada pekerjaan, kuliah, dan mengerjakan aktivitasnya.

"Bahkan bantu pengobatan orang tuanya yang kesulitan. Intinya, jaga iklim dan suasana yang mendukung kesehatan mental, bikin lebih tenang," jelas Anies.

Calon presiden yang diusung oleh Partai NasDem, Demokrat dan PKS itu mengutarakan kritiknya kepada pemerintah terkait pendidikan.


Anies melihat jika pendidikan saat ini dimonopoli oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Monopoli pendidikan ini pada akhirnya tidak melibatkan masyarakat dalam menyusun program pendidikan.


Menurut Anies pendidikan di Indonesia sudah seharusnya menjadi sebuah gerakan sehingga semua unsur, termasuk masyarakat dilibatkan.


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page