NasDem NSL Reward 2021




Ketua DPRD sekaligus Ketua Dewan Pakar Partai NasDem Provinsi Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira atau yang lebih dikenal dengan sebutan NSL, untuk pertama kalinya menggelar “NasDem NSL Reward 2021,” di halaman sekertariat DPD Partai NasDem Kota Palu, pada Sabtu sore (26/6/2021). Karena dihelat saat masa pandemi Covid-19, NasDem NSL Reward 2021 berlangsung tidak lebih dari 1 jam, dengan konsep dan susunan acara yang terbilang sederhana.


Pada kesempatan tersebut, NSL memberikan apresiasi kepada Dian Septiawati, yang merupakan seorang mahasiswi asal Universitas Tadulako Palu. Dian diketahui telah meraih prestasi yang membanggakan pada ajang International Youth Scientific Forum “Step into the future” – Rusia 2021. Bungsu dari 3 bersaudara ini mengusung tema upaya mitigasi bencana tsunami melalui pemberdayaan ekosistem Mangrove di daerah pesisir. Putri dari pasangan Rusdin Abd. Rahim dan Ibu Rustin Labatjo ini pun pada akhirnya berhasil meraih Grand Winners Award, mengungguli 1.078 peneliti muda dari 23 negara di dunia. Award ini diberikan oleh panitia yang melibatkan 12 universitas ternama, dan 14 lembaga riset di Rusia.



Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi DPD NasDem Kota Palu, Ista Nur Masyithah menuturkan bahwa NasDem NSL Reward 2021 di inisiasi oleh Yahdi Basma, selaku Plt.Ketua Partai Nasdem Kota Palu, yang menginginkan adanya sebuah tradisi baru yang dilaksanakan secara berkelanjutan, untuk memberikan apresiasi kepada kawan-kawan generasi muda yang berfokus di olah pikir (peneliti).


NasDem NSL Reward 2021 ini adalah gagasan dari Kaka Yahdi. Waktu itu saya diberi tahu untuk mencari tahu mahasiswi Peraih Grand Winner Award di Rusia, melalui potongan berita di koran yang dikirimkan kepada saya. Kaka Yahdi ingin menciptakan kultur baru, yakni lebih apresiatif pada anak-anak muda yang mencurahkan tenaga, pikiran serta waktunya dalam bidang keilmuan,” tutur Ista.


Lebih jauh Ista mengungkapkan, bahwa yang menjadikan riset tentang Mangrove dari Dian memenangkan penghargaan tersebut adalah trigger penelitiannya, yang dilakukan persis setelah bencana tsunami yang mengejutkan Kota Palu tahun 2018 silam. Objek penelitian Dian sendiri berada di daerah pesisir Teluk Palu. Hal ini karena kondisi wilayah yang pernah mengalami terjangan tsunami tersebut memiliki banyak tanaman dan bekas Mangrove.



Hal tersebut pula yang menjadi alasan atau indikator Partai NasDem memberikan NasDem NSL Reward 2021 kepada Dian. Prestasi dan kesungguhan Dian dalam penelitian tersebut dinilai spesial, hingga membuat banyak orang termasuk dirinya kagum karenanya.


“Saya kagum. Bagaimana seorang anak muda angkatan 2019 di kampus bisa memiliki sebuah rasa ingin tahu yang mendalam, terhadap keberlangsungan ekosistem kehidupan ditengah krisis literasi dan mewabahnya kaum rebahan. Saya lebih salut lagi, orang tua Dian, kakaknya serta Dian memiliki lingkungan keluarga yang harmonis dan mampu mengantarkan Dian pada prestasinya. Bahkan semua penelitian Dian sejak 2018 ketika duduk di bangku kelas XII SMA, didanai secara mandiri oleh Dian dan keluarganya. Ini sungguh spesial dan langka. Saya jadi pengagum orang tua Dian, berharap saya juga bisa menjadi Ibu yang mendukung anak-anak saya kelak,” ungkap Ista.

Meraih NasDem NSL Reward 2021 membuat Dian menerima sejumlah hadiah dari Partai NasDem, diantaranya sebuah piagam penghargaan, plakat dan sejumlah uang saku. Harapan dari NasDem dan juga khususnya dari Ista kepada Dian kededepannya, yakni agar terus berkarya, dan tak henti sebarkan ilmu pengetahuan. Ista juga berharap bahwa prestasi yang diraih Dian dapat memotivasi generasi muda lainnya, sehingga akan banyak terlahir Dian yang baru, khususnya di Sulawesi Tengah.


“Kita butuh Dian dan Dian-Dian lainnya untuk bahu membahu membangun Sulawesi Tengah yang lebih cerdas, maju dan sejahtera. There is a will, there is a way. Jangan mudah menyerah, tetaplah jadi anak muda yang serakah akan ilmu pengetahuan, dan selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Semua perubahan yang terjadi hingga detik ini berasal dari sebuah kata dalam benak kita, “Kenapa?” Pungkas Ista.

Saat ini, upaya mitigasi bencana tsunami lewat Mangrove masih sangat jarang dilakukan. Padahal, Mangrove dapat memecah abrasi pantai sebagai mitigasi bencana. Tanaman ini dapat menjadi dinding untuk memecah gelombang air laut. Uniknya, tumbuhan Mangrove yang sudah tua ternyata lebih tahan untuk memecah ombak. Hal ini karena akarnya yang sudah kuat, sehingga bisa memecah getaran ombak yang akan naik ke pesisir.



Terlebih manfaat ekosistem Mangrove memang perlu diteliti lebih jauh dan disosialisasikan. Karena bukan hanya menjadi penyerap CO² lebih banyak dari hutan hujan tropis, Mangrove di sisi lain juga memiliki nilai ekonomis dan daya tahan tinggi sebagai benteng tsunami.


Ajang NasDem NSL Reward 2021 ini juga disaksikan oleh Ketua dan Sekretaris DPW NasDem Sulteng, Atha Mahmud dan Muslimun, Sekretaris DPD & sejumlah fungsionaris DPD Palu yang berjumlah 15 orang, serta hadir pula Ketua Gemuruh, Muliadi. Ketua Rescue, Syafrul Paresa. Ketua BAHU Ruslan Umar. Ketua Petani, Abd. Gaffar Karim.




#NasDemMuda #MudaNasDem #NasDemMilenial #MilenialNasDem #Milenial#AnakMuda #AnakMudaIndonesia #NasDemMudaPalu #NasDemPalu #NasDemMilenialPalu #DPWNasDemSulTeng #DPDNasDemPalu #SulawesiTengah #SulTeng #KotaPalu #PaluSulTeng #NasDemNSLReward2021 #MangroveForest #HutanBakau #PohonBakau #Bakau #AnakMudaPalu #AnakmudaSulteng #InternationalYouthScientificForumRusia2021 #Rusia2021 #stepintothefuture #DianSeptiawati #UniversitasTadulakoPalu

24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua