Robby Kurniawan, Penggerak Literasi Digital dan Milenial Prov Riau

Diperbarui: 10 Nov 2021



Gagah, berwibawa dan pastinya muda, itulah sosok Robby Kurniawan Ketua Wilayah NasDem Milenial Riau periode 2020-2025. Robby biasa ia disapa, bergabung dengan Partai NasDem pada tahun 2016, tepatnya saat dirinya masih mengenyam pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Riau. Aktif berpolitik di usia sangat muda, nyatanya lelaki kelahiran Palembang 9 Agustus 1995 ini mengaku pada awalnya adalah orang yang anti dengan politik.


Ketertarikannya di dunia politik baru dimulai kala ia aktif di organisasi kemahasiswaan yang diikutinya. Robby menyadari bahwa untuk dapat mengawal dan mengawasi setiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah baik daerah maupun pusat, harus melalui partai politik. Ia yang semula apatis dengan partai politik, kini justru tumbuh menjadi seorang pemuda yang aktif memimpin, merangkul dan mengajak anak muda khususnya generasi milenial di Provinsi Riau untuk melek politik.


Menyandang jabatan sebagai Ketua Wilayah NasDem Milenial Riau, membuat Robby kini selalu terlibat aktif dalam berbagai giat politik di Provinsi Riau, baik bersama NasDem Milenial Riau dan juga DPW Partai NasDem Provinsi Riau. Ia bersama rekannya di Kader NasDem Milenial Riau telah menginisiasi berbagai kegiatan politik yang bermanfaat untuk masyarakat. Dari mulai kegiatan sosial seeprti berbagi 100 kotak nasi di setiap hari Jumat dalam giat “Jumat Berbagi.” Kemudian berbagi hand sanitizer dan masker kepada masyarakat, serta berbagi madu untuk anak-anak dengan tujuan menjaga daya tahan tubuh mereka selama pandemi Covid-19.



Kegiatan sosial lainnya juga turut dihadirkan oleh Robby bersama kader NasDem Milenial Riau di setiap jelang hari-hari besar atau momen khusus, seperti misalnya mengadakan perlombaan desain logo, membuat pantun, dan pengecatan rumah ibadah untuk menyemarakan jelang satu dekade Partai NasDem. Berbagai kegiatan sosial tersebut juga diharapkan dapat menjadi daya tarik kaum milenial yang ada di Provinsi Riau untuk ikut serta menjadi bagian dari NasDem Milenial Riau.


Robby menjadikan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan NasDem Milenial Riau sebagai sebuah rutinitas yang dilakukan setiap minggunya, bukan hanya sekedar agenda musiman belaka. Tidak hanya sekedar guna menghadirkan daya tarik kaum milenial, namun juga menjadi ajang pemberdayan para anggota agar selalu aktif dan terus menjaga antusiasme dalam berpartai.

“Mereka yang ingin gabung di Partai NasDem Milenial Riau itu mayoritas awalnya hanyalah sebatas penasaran. Mereka ingin tahu apa itu NasDem Milenial dan apa aja kegiatannya? Saya juga bagian dari kaum milenial, saya paham ada di mana satu titik jenuh ketika mengikuti organisasi. Bagaimana menjaga semangat mereka? Tentu dengan cara melakukan berbagai kegiatan rutin untuk memperlihatkan bagaimana Partai NasDem selalu hadir di tengah masyarakat setiap saat, tidak hanya dalam saat adanya kontestasi demokrasi saja,” ujar Robby.

Berbagai kegiatan sosial yang digelar oleh NasDem Milenial Riau juga sebagai wujud dari upaya meningkatkan elektabilitas Partai NasDem di Provinsi Riau di mata anak muda. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pada ajang kontestasi politik 2024 mendatang, jumlah pemilih yang sangat besar ada pada golongan pemilih pemula dan milenial. Oleh karenanya, Robby juga terus menekankan kepada seluruh pengurus dan anggota NasDem Milenial Riau untuk terus aktif hadir di tengah masyarakat.



Penggerak Literasi Digital Provinsi Riau


Selain aktif memimpin pergerakan NasDem Milenial Riau, Robby Kurniawan juga merupakan penggerak dari program Literasi Digital di Provinsi Riau. Robby yang merupakan seorang sarjana Ilmu Komunikasi tentu paham betul betapa pentingnya LiterasI Digital untuk menghadapi digitalisasi yang percepatannya dinilai terjadi 10 tahun lebih awal akibat pandemi Covid-19 yang memaksa dilakukannya berbagai aktivitas melalui platform digital.


Robby menggerakan Literasi Digital di Provinsi Riau melalui sebuah forum bernama “Forum Literasi Digital Provinsi Riau ini.” Forum tersebut adalah wadah yang di khususkan untuk menjalankan program literasi digital di Bumi Lancang Kuning, tentunya dengan targetnya yakni kaum Milenial. Robby menuturkan bahwa pendekatannya dalam mensosialisasikan program literasi digital cukup mudah, karena berbekal label sebuah Kementerian telah menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda.

“Kita menargetkan untuk peserta utamanya adalah kaum kaum milenial. Kita menggaet kaum milenial supaya ikut berpartisipasi di program literasi digital adalah dengan mengajak mereka menjadi peserta ataupun juga narasumber di dalamnya. Kita menarik peserta itu dengan memberikan doorprize, itu ciri khas kita. Peserta yang ingin bergabung di program literasi digital ini kita sediakan pulsa untuk membeli kuota internet. Kita beri juga mereka beberapa penghargaan lainnya, sehingga ketika mereka gabung ke dalam program literasi digital ini tidak akan merasa rugi, karena kita support dan apresiasi bagi mereka yang ikut bergabung,” lugas Robby.

Program literasi digital di Provinsi Riau sudah berjalan di 5 dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau, dengan 1 kabupaten/ kota di adakan 2 sesi. Dikatakan Robby, program literasi digital ini tidak hanya dilaksanakan secara daring, namun juga secara luring dengan target kepada kabupaten/kota yang dianggap tingkat pemahaman terkait literasi digital terbilang rendah. Oleh karenanya NasDem Milenial juga harus hadir memberi edukasi secara langsung.

“Bagi kaum muda & milenial, saya pikir ini (literasi digital) menjadi kegiatan yang sangat pas dilakukan ketika masa pandemi Covid-19 saat ini. Bagi kaum milenial, program literasi digital menghadirkan daya tarik tersendiri untuk diikuti. Sampai hari ini kita mendapatkan respon yang sangat luar biasa terutama ketika kita melaksanakannya secara luring. respon dari peserta sangat antusias sekali, para kepala daerah di kabupaten kota terkait juga sangat merespon baik. Karena tujuan dari literasi digital adalah bagaimana masyarakat agar paham bermedia sosial, bagaimana etikanya, dan bagaimana budayanya,” kata Robby

Pendekatan secara daring melalui media sosial tidak lain dipilih berdasarkan fakta bahwa kaum milenial itu tidak akan jauh dari yang namanya smartphone dan media sosial didalam aktivitas hariannya.


Impian di masa depan


Bagi seorang Robby Kurniawan, berpolitik di partai politik kini adalah sebuah hobi. Sama seperti kebanyakan anak muda lainnya yang bergabung ke Partai Politik, Robby pun memiliki tujuan dan impian tersendiri, kelak ia ingin memimpin dan membangun kampung halamannya di Kab. Kampar dengan tangannya sendiri bersama Partai NasDem.

“Kalau kita sudah mengikuti partai kalau kita tidak punya target untuk maju mengikuti kontestan demokrasi atau maju menjadi kepala daerah ataupun maju sebagai anggota dewan saya pikir adalah suatu hal yang sia-sia. Sampai hari ini aku memang masih belum punya pikiran untuk maju dalam kontestasi politik. Niat pasti ada, tetapi pikiran untuk maju entah sebagai kepala daerah ataupun anggota Dewan Legislatif belum terpikir sampai ke sana, saya masih harus mengembangkan diri bersama NasDem Milenial Riau,” tegas Robby

Robby sejatinya bukanlah orang asli Riau, kedua orangtuanya berasal Palembang, namun ia dan kedua orangtuanya pada akhirnya memutuskan pindah ke Kab. Kampar, Riau saat Robby masih duduk di bangku kelas 6 SD. Kini ia dan keluarganya telah berdomisili di Pekanbaru, namun bagi dirinya Kab. Kampar tetaplah di hati, ia tumbuh dan berkembang menghabiskan masa remajanya disana. Baginya Kab. Kampar adalah kampung halaman. Robby memiliki impian pada suatu saat nanti dapat kembali ke Kab. Kampar dan membawa perubahan bagi kampung halamannya tersebut. Ia ingin mengubah wajah Kab. Kampar dari sisi pendidikan.

“Kabupaten Kampar itu adalah tempat tinggal saya. Masyarakat di sana masih belum mendapat pendidikan yang merata. Ketika pendidikan sudah merata di Kab Kampar, saya yakin dan percaya masyarakat di Kab Kampar tidak akan lagi menjadi masyarakat yang tertinggal. Karena melalui pendidikan kita bisa berpikir untuk memajukan tempat tinggal kita sendiri,” kata Robby menambahkan.

Di akhir perbincangan, Robby berpesan kepada anak muda khususnya generasi milenial baik di Provinsi Riau maupun seluruh Indonesia, bahwa anak muda milenial harus melek politik dan bergabung dengan partai politik. Robby menghimbau kepada anak muda saat ini jangan lagi terlalu apatis terhadap partai politik. Anak muda jangan lagi hanya bisa mengkritisi suatu kebijakan di pemerintah daerah atau pusat, tanpa terpikir dan tidak adanya keinginan untuk bisa ikut serta mengubah dan menyuarakan aspirasi dari masyarakat lewat jalur konstitusi, dimana hal tersebut bisa digapai dengan bergabung bersama Partai Politik.

“Kaum milenial harus bergabung dengan partai politik untuk dapat mengetahui dan memahami bagaimana menyuarakan dan bagaimana nantinya dapat ikut berpartisipasi dalam menentukan kebijakan di daerahnya masing-masing. Kaum milenial saat ini adalah yang diharapkan menjadi pemimpin daerahnya masing-masing di masa depan. Maka ketika kita apatis terhadap partai politik, lantas siapa yang akan memimpin kelak?” Pungkas Robby

Kaum milenial harus hadir dan terlibat dalam politik mulai hari ini. Bergabunglah dengan Partai Politik untuk melanjutkan perjuangan memimpin tempat tinggal kalian di masa depan, tentunya bersama Partai NasDem gerakan perubahan.





Kenal lebih dekat dengan Robby Kurniawan Ketua Wilayah NasDem Milenial Riau periode 2020-2025 di akun IG : @rkuurniawan20



#RobbyKurniawan #NasDemMuda #MudaNasDem #NasDemMilenial #MilenialNasDem #Milenial #AnakMuda #AnakMudaIndonesia #NasDemMilenialRiau #RegenerasiKaderNasDem #RestorasiIndonesia #GerakanPerubahan #NasDemPeduli #NasDemSayangKamu #DPWNasDemProvRiau #AnakMudaRiau #PartaiNasDem #NasDemRiau #Pekanbaru #Riau


111 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua