Sitya Giona Nur Alam, Sosok Dibalik Ketua Garnita Malahayati Sulawesi Tenggara

Diperbarui: 25 Feb



Terlahir dalam keluarga yang mewarisi darah politik membuat Sitya Giona Nur Alam wanita yang sudah berumur 27 tahun ini, memberanikan diri untuk belajar di dunia politik juga. sebagai Ketua Sayap Garnita Malahayati Provinsi Sulawesi Tenggara yang tahun ini baru dilantik pada bulan Mei lalu dengan masa bakti 2021-2026, telah merasa siap mengemban tugas yang diberikan oleh Partai NasDem.

“Karena saya bener-bener prepare, Garnita ini kan di Sulawesi Tenggara pernah ada cuman tidak kedengeran. Nah, saya mau itu Garnita keluar lagi di Sulawesi Tenggara dengan wajah-wajah baru, wajah-wajah milenial. Alhamdulillah kita rata-rata milenial semua, ini loh kita wanita-wanita muda generasi selanjutnya yang akan siap mengawal aspirasi masyarakat Sulawesi Tenggara,” jelas Giona.

Garnita adalah organisasi sayap perempuan Partai NasDem Garda Wanita (Garnita). Organisasi ini khusus dibentuk sebagai wadah pemberdayaan perempuan dan mendorong eksistensi perempuan di berbagai sektor sehingga bisa bersinergi dengan pembangunan di Indonesia.


Menurut Giona, Garnita saat ini telah memiliki kepengurusan di seluruh Indonesia dan diharapkan mampu membawa perubahan bagi kaum perempuan sebagaimana visi utama pembentukan Garnita oleh Partai NasDem. Dirinya juga berencana langkah awalnya adalah membenahi internalnya telebih dahulu karena sudah lama tidak aktif.


Khusus di Sultra, kata Giona, salah satu yang menjadi fokus Garnita Sultra ke depan adalah mengembangkan atau memberdayakan perempuan yang bekerja di sektor pertanian. Sebagai daerah yang memiliki basis pertanian besar, pemberdayaan petani perempuan diharapkan akan memberi sinergi positif bagi pembangunan di Sultra.



"Garnita harus bisa melakukan action nyata meningkatkan elektabilitas Partai NasDem, di samping tujuan utama tadi yakni mendorong pemberdayaan perempuan di segala sektor agar memberi manfaat ril bagi rakyat Indonesia," pungkasnya.

Sebelum sampai ke dunia politik seperti saat ini, Giona memiliki latar belakang pendidikan bisnis. Dirinya sudah memiliki beberapa gerai usaha yang berada di Kendari, Sulawesi Tenggara. Bisnis Giona sendiri meliputi kuliner, bisnis kantoran dan beberapa bisnis bersama suaminya. Ibu dari tiga anak ini selalu memiliki sisi diri yang menantang, bagi dirinya politik dan bisnis adalah suatu hal yang bisa diambil pembelajarannya.


Di sisi lain suami ataupun anak-anak dari Giona mendukung dirinya untuk berkecimpung di dunia politik. Giona juga menceritakan bahwa ia masuk politik karena peran dari kedua orangtuanya yang juga merupakan kader partai politik. Terlebih sang ibu yang juga berada di Partai NasDem.


“Suami saya dukung, adik saya kan duluan ke politik. Terus saya langsung laporan ke papa saya, papa saya juga dukung.. Jadi mau saya sibuk pun ga ada yang protes, karena udah di izinin dan di dukung,” cerita Giona

Walaupun di keluarga Giona memiliki pandangan politik yang berbeda-beda, dirinya tetap menjadi bagian dari Partai NasDem. Menurut dirinya Partai NasDem ini sudah seperti rumah yang peduli dengan perempuan, karena tidak adanya perbedaan antara sesama anggota yang juga berada di Partai NasDem.


Giona juga memberikan saran kepada perempuan-perempuan di Indonesia, terlebih untuk ibu rumah tangga agar menggapai mimpi-mimpi mereka serta melepaskan pemikiran yang lalu bahwa wanita itu harus dirumah saja dan bergantung pada keluarga terlebih suami. Agar pempuan-peremuan generasi selanjutnya bisa mengambil keputusan di setiap keadaan.


“Jangan kaya ini anak gue gimana dong? Ini suami gue gimana dong? Jangan, maksudnya kalo ada kesempatan kenapa ga kita coba kenapa ga kita ambil. Kalo jaman dulu kan perempuan harusnya sumur, dapur, kasur ilangin itu stigma ga ada lagi kita perempuan sudah harus aktif dimanapun..” tegas Giona.


Giona memiliki strategi yang mengandalkan kenyamanan anak-anak muda untuk bergabung di Partai NasDem, karena Giona melihat masih banyak anak-anak muda yang melihat partai-partai politik itu masih sebelah mata. Bagi dirinya orang-orang yang akan bergabung di partai politik karena adanya kegiatan yang bagi diri mereka bermanfaat, seperti membuat pendidikan politik secara gratis atau kegiatan-kegiatan yang seru dan asik. Seperti dirinya yang melihat Partai NasDem sebagai rumah yang peduli dengan anak-anak dan wanita.


The power of ibu-ibu dan milenial itu sekarang jangan diremehkan, dan saya sukanya dari NasDem dirangkul kita semua mau dia ibu-ibu, anak muda milenial. Semuanya dirangkul tidak ada perbedaan dan kita butuh pendidikan politik,,” tutup Giona.



Kenal lebih dekat dengan Sitya Giona Nur Alam Ketua Sayap Garnita Malahayati Provinsi Sulawesi Tenggara periode 2021-2026 di akun IG : Instagram.com/giona.nuralam



#GionaNurAlam#NasDemMuda#MudaNasDem#NasDemMilenial#MilenialNasDem#Milenial#AnakMuda#AnakMudaIndonesia#NasDemMilenialKendari#RegenerasiKaderNasDem#RestorasiIndonesia#GerakanPerubahan#NasDemPeduli#NasDemSayangKamu#DPWNasDemProvSultra#AnakMudaKendari#PartaiNasDem#NasDemKendari#Garnita#GarnitaMalahayati#KetuaGarnita

300 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua