Sekolah Politik Jalanan Lathifa (SPJL)

Diperbarui: 21 Jul 2021



Ketua Bidang Pemilih Pemula & Milenial DPP Partai NasDem, Lathifa Al Anshori pada Rabu, 14 Juli 2021, merilis salah satu konten terbaru di kanal YouTube miliknya “Lathifa Anshori,” yakni Sekolah Politik Jalanan Lathifa (SPJL). Sesuai dengan judulnya, di dalam SPJL, Lathifa membahas tentang dunia politik, yang secara khusus berisikan jawaban dari pertanyaan anak-anak muda, yang penasaran tentang politik di Indonesia.



Dalam membuat SPJL, Lathifa mengaku ide dan inspirasinya berasal dari banyaknya pertanyaan netizen di akun media sosialnya, yang jawabannya, menurutnya, akan sulit untuk didapatkan dari orang yang tidak bergelut di dunia politik.


“Saya ingin membuat konten yang mudah diakses dan dicerna oleh anak-anak muda. Mereka (netizen) yang bertanya seputar politik ke saya itu biasanya di TikTok atau Instagram. Karena keterbatasan waktu konten yang diberikan kedua platform itu membuat saya tak dapat memberikan jawaban yang lengkap, oleh karenanya, saya membawa pertanyaan-pertanyaan seputar politik tersebut ke channel YouTube saya ‘Lathifa Anshori’. Khususnya di playlist ‘Sekolah Politik Jalanan Lathifa’ atau SPJL,” ujar Lathifa.

Lathifa mengungkapkan bahwa anak-anak muda yang bertanya di SPJL ini dipilih acak secara langsung di jalan dan tidak ada settingan didalamnya. Pemilihan jalanan sebagai latarnya dalam menjawab pertanyaan juga sejalan dengan keinginan Lathifa yang ingin membuat sesuatu yang berbeda dalam membahas politik pada umumnya.


“Dalam SPJL ini saya jawabnya riil di jalanan, di depan dan samping mobil-mobil yang lewat melaju dengan kencang, dan hal itu secara tidak langsung menghadirkan tantangan dan memacu adrenalin saya selama menjawab pertanyaan. Saya memilih jalanan juga itu karena memang inginnya membuat suatu konsep yang berbeda, tidak lagi dilakukan di studio. Ini adalah konsep baru yang menyegarkan audiens,” tandas Lathifa.

Tujuan utama Lathifa membuat SPJL ini pada hakikatnya adalah supaya Generasi Z dan milenial bisa lebih paham seluk beluk politik, yang tak mereka temukan jawabannya di buku atau bahkan Google. Ditambah lagi, semua pengetahuan tentang politik ini dapat diraup secara “gratis.”


“Banyak orang yang belum mendapatkan pendidikan politik tidak tahu kemana harus mendapatkannya. Walaupun hal-hal sederhana. Ada kelas pendidikan politik berbayar yang ditawarkan oleh partai-partai lainnya, bahkan hingga puluhan juta rupiah. Kalau di NasDem itu gratis, ada juga Akademi Bela Negara NasDem. Jadi dapat pengetahuan politik itu juga sama bisa seperti belajar daring di YouTube, gratis.” pungkas Lathifa.

Lathifa berharap, dengan hadirnya SPJL, anak-anak muda bisa lebih paham soal politik dan tidak ikut berkomentar soal politik tanpa mengetahui betul bagaimana politik itu sebenarnya, apalagi dibumbui hoax. SPJL juga diharapkan Lathifa dapat membuka wawasan anak-anak muda, bahwa ada karir yang bisa ditempuh di politik dan juga ada kebersamaan yang bisa mereka lihat dan rasakan, ketika bergabung dengan partai politik ataupun pemerintahan nantinya.



Buat yang ingin tahu keseruan Lathifa menjawab pertanyaan seputar politik di pinggir jalan, bisa langsung klik link di bawah ini , dan jangan lupa subscribe dan nantikan episode-episode selanjutnya dari "Sekolah Politik Jalanan Lathifa (SPJL)."


https://www.youtube.com/watch?v=O1hytLE6n6g






Kenal lebih dekat dengan Ketua Bidang Pemilih Pemula & Milenial DPP Partai NasDem, Lathifa Al Anshori, dengan follow IG : @Lathifaanshori





#SPJL #SekolahPolitikJalananLathifa #Lathifa #LathifaAlAnshori #PendidikanPolitik #NasDemMuda #MudaNasDem #NasDemMilenial #MilenialNasDem #Milenial #AnakMuda #AnakMudaIndonesia #RestorasiIndonesia #GerakanPerubahan #DPPPartaiNasDem


44 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua