top of page

Menjawab Per"kepo"an Politik Anak Muda Lewat 60 Menit #TanyaLathifa



Ketua Bidang Pemilih Pemula & Milenial DPP Partai NasDem Lathifa Al Anshori tidak hentinya mensosialisasikan politik kepada generasi muda di tengah banyaknya gelombang penolakan dan sikap apatis anak muda masa kini terhadap politik. Terbaru, Lathifa menggelar live webinar pada (9/2) malam bertemakan “ 60 menit #TanyaLathifa Apapun Soal Politik,” secara daring via aplikasi Zoom.


Dihadiri oleh anak muda dari berbagai wilayah di Indonesia, dalam acara tersebut Lathifa menerima lebih dari 100 pertanyaan untuk dijawab secara langsung via zoom. Pertanyaannya pun beragam, dari bagaimana caranya aktif di partai, hingga proses nyaleg. Namun bagi wanita yang mengenyam pendidikan di Universitas Kairo Mesir tersebut, yang paling unik datang dari generasi Z yang menyatakan ingin menjadi seorang Gubernur.

“Ada begitu banyak pertanyaan, namun menurutku yang paling unik datang dari seorang generasi z yang ternyata betul-betul masih sangat muda, yakni “apakah di umur 20 tahun bisa mencalonkan diri menjadi Gubernur?” Si penanya ingin menjadi Gubernur Jawa Timur katanya, mungkin berniat menggantikan ibu Khofifah di masa mendatang,” ungkap Lathifa sambil tertawa dalam mengingat pertanyaan tersebut.

Politik sejatinya tidak hanya sekedar kegiatan pemerintahan atau bernegara saja, namun di setiap sendi kehidupan kita sebagai manusia, secara langsung kita telah dan pasti berpolitik, termasuk mereka yang apatis sekalipun. Oleh karenanya, tujuan Lathifa menggelar acara ini selain untuk mendekatkan dan membuka lebar pandangan anak muda yang terbilang masih apatis tentang politik, juga untuk membantu teman-teman generasi milenial & Z yang saat ini mulai interest atau kepo sama politik, untuk lebih percaya diri dalam berpolitik.

“Tujuannya biar teman-teman yang baru mulai masuk politik bisa berkonsultasi dan tidak buta-buta banget dalam memulai kegiatan di Partai Politik. Darimanapun kalian berada di desa, kota, kelurahan, ibu kota dimanapun di Indonesia, bisa sama-sama tahu politik itu gimana sih? Dan tentunya juga agar bisa mendapat pengetahuan lebih banyak soal politik. Khususnya di Partai NasDem tentunya,” ujar Lathifa.

Saat ini di Indonesia, jumlah anak muda yang mulai interest atau kepo akan politik sudah semakin besar. Sayangnya, jika rasa keingintahuan mereka itu tidak tersampaikan dan tidak dijawab oleh yang berkompeten atau orang yang tepat, maka mereka berpotensi dapat menjadi golongan yang apatis karena merasa tidak puas atau tidak mendapat jawaban sebagaimana yang mereka ekspektasikan. Atau bahkan mereka malah mendapat jawaban yang menyesatkan dan cenderung mengarah ke hoaks.



Lathifa juga menilai saat ini ada banyak sekali anak muda yang baru masuk politik terkadang galau juga bingung bagaimana politik praktis di Indonesia. Apa yang harus dilakukan? Do's and Don't? Bagaimana menilai kebijakan politik dan pemerintah? Sampai gimana caranya nyaleg? Atau bahkan juga banyak yang merasa kebingungan terkait apa yang harus dilakukannya setelah bergabung di Partai Politik. Berkaitan dengan hal tersebut, Lathifa pun tidak pernah segan membagikan tips dan sarannya untuk anak muda.

“Bagi yang baru memulai berpolitik bisa terus aktif dan eksis dengan rajin mengikuti kegiatan partai yang dihelat seperti sosial dan lingkungan misalnya, atau bahkan yang termudah bisa ikut dalam kepanitiaan dari kegiatan skala kecil dahulu. Flashback 10 tahun saya di partai NasDem, saya memulainya dengan ikut membantu dan menawarkan diri dari hal-hal yang simple terlebih dahulu. Semua dapat dijalani secara bertahap,” kenang Lathifa kala menceritakan pengalamannya saat awal bergabung dengan Partai NasDem.

Meski demikian, Lathifa menambahkan bahwa bicara soal usia muda dalam perpolitikan di Indonesia, saat ini memang sudah banyak anak muda yang aktif di partai politik, tapi tidak semua bisa aktif di semua partai politik. Partai-partai senior yang terbilang sudah ada sejak zaman orde baru seperti PDIP, Golkar dan PPP misalnya, saat ini mayoritas masih diisi oleh usia senior. Lathifa secara pribadi memandang bahwa peran penting anak muda khususnya milenial di dalam perpolitikan Indonesia pun bisa dikatakan baru mulai diakui pasca pemilu 2019 silam.

“Saat saya bergabung ke partai politik, di Partai NasDem sekalipun saat itu bisa dibilang anak muda masih dipandang sebelah mata di ranah politik. Namun sejak tahun 2019, milenial telah dianggap menjadi segmen yang besar dalam pemilu kala itu, sehingga dirasa suara dan pendapatnya sangat penting buat perpolitikan di Indonesia. Cara pandang dan cara berpikir mereka dianggap akan berpengaruh kepada kebijakan politik di 2024 mendatang, tidak hanya milenial saja, namun juga generasi Z,” tandas Lathifa yang juga merupakan Tenaga Ahli Menkominfo RI.

Lathifa memberi contoh real bahwa saat ini sudah ada banyak milenial yang sukses menjadi pemimpin di dalam roda pemerintahan. Di ranah eksekutif misalnya ada Jerry Sambuaga selaku Wakil Menteri Perdagangan, dan juga ada Angela Tanoesudibjo selaku Wakil Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Sedangkan di ranah kepemimpinan daerah misalnya ada Rezita Meylani Yopi, seorang Kader Partai NasDem yang di usia 26 tahun suskes menjadi orang nomor satu di Indragiri Hulu, Provinsi Riau, dan kini menyandang status sebagai Bupati termuda di Indonesia.

“Apakah milenial bisa menjadi pemimpin? Selama sistem perpolitikan Indonesia terus bergerak sebagaimana mestinya, pada satu titik pemimpinnya pasti ada yang dari generasi milenial dan generasi setelahnya. Perlu diingat bahwa regenerasi itu sangat penting dalam politik,” pungkas Lathifa.

Lathifa berharap semoga jawaban, tips dan saran yang diberikannya selama acara #TanyaLathifa bisa membantu anak-anak muda hebat yang bergabung, khususnya untuk mengetahui terkait langkah selanjutnya yang harus dilakukan dan dirasa cocok buat diterapkan di daerahnya masing-masing. Semoga kedepannya kader muda NasDem baik milenial dan generasi Z bisa semakin aktif di partai NasDem dan juga tentunya berkontribusi positif untuk masyarakat di sekitar, serta dapat ikut membangun negeri bersama Partai NasDem.






Ayo kenal lebih dekat dengan Ketua Bidang Pemilih Pemula & Milenial DPP Partai NasDem Lathifa Al Anshori dengan follow akun IG nya : @lathifaanshori







20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page