top of page

Wibi Andrino : Perputaran Ekonomi dan Prokes di Pasar Tanah Abang Harus Beriringan



Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan, untuk mencegah penularan Covid-19. Hal itu disampaikan Wibi terkait terjadinya kerumunan masyarakat saat menyiapkan kebutuhan jelang lebaran, seperti di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Sabtu (1/5) & Minggu (02/05/2021).



Wibi sendiri mengaku memahami keinginan masyarakat yang berpergian ke pusat perbelanjaan, untuk persiapan merayakan hari raya Idul Fitri 2021. Namun, Wibi menghimbau masyarakat juga harus tetap sadar dan taat akan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Kami sangat menyayangkan masih adanya masyarakat yang abai akan protokol kesehatan. Masyarakat seharusnya tetap bisa menahan diri, menahan hasrat untuk berbelanja, dan ingat selalu akan prokes Covid-19 yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi,” ujar Wibi.

Lebih jauh Wibi mengatakan agar perputaran roda ekonomi dan penerapan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang dapat berjalan beriringan, ia mengusulkan agar dibuat pembatasan masyarakat yang berbelanja di Pasar Tanah Abang oleh Pemprov DKI. Pembatasan tersebut yakni dengan memprioritaskan masyarakat pembeli dengan kuota grosiran dan pembeli antar kota. Sedangkan untuk pembeli dengan kepentingan pribadi dan pembeli lokal, dapat diarahkan ke penjual non grosiran.

“Perputaran roda ekonomi dan penerapan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang harus tetap berjalan beriringan. Pemprov DKI dapat melakukan pembatasan masyarakat, yakni dengan memprioritaskan masyarakat pembeli dengan kuota grosiran, untuk antar kota. Sedangkan pembeli untuk pribadi, diarahkan ke penjual non grosiran. Ini harus disikapi serius. Pemprov DKI harus tegas. Masyarakat pun juga harus sadar akan pentingnya menjaga prokes,” pungkas Wibi.

Agar persoalan serupa tidak terulang, Wibi juga menyarankan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP), juga personel Kepolisian dan TNI. Satgas Covid-19 juga wajib hadir membantu menegakkan protokol kesehatan, yakni dengan mendirikan posko pengamanan di sekitar area pasar Tanah Abang.



Sebelumnya pada sabtu siang, Pasar Tanah Abang ramai didatangi pengunjung. Dalam berbagai video yang viral di media sosial, tampak pengunjung terlihat berbelanja sambil berdesak-desakan tanpa menjaga jarak. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat itu menyebut total pengunjung pasar tanah abang pada hari Sabtu & Minggu berjumlah sekitar 80 hingga 100 ribu orang. Jumlah tersebut lebih dua kali lipat dari jumlah pengunjung pada umumnya, yang biasanya hanya sekitar 30 ribu pengunjung.




Sumber :


MuslimObsession.com

Merdeka.com



Kenal lebih dekat dengan Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino

di IG : @wibiandrino






67 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page