top of page

Yang Tersisa dari Apel Siaga Perubahan bagi Kader Muda NasDem



Apel Siaga Perubahan Partai NasDem yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (16/7/2023) sejak pagi hingga malam hari memberikan spirit baru bagi generasi muda.

Bahkan, generasi muda merupakan entitas yang mendominasi hajatan besar ini. Para kader muda itu datang dengan suka rela, tanpa dibayar atau mendapat fasilitas khusus. Mereka datang dengan satu tekat, perubahan besar bagi bangsa ini.

Kader muda Partai NasDem memang memegang teguh nilai-nilai kebersamaan. Dengan semangat empat lima, mereka rela datang dari berbagai penjuru Indonesia untuk menghadiri Apel Siaga Perubahan ini.

Bahkan, Pemerhati Sosial dan Politik Totok Sugiarto mengatakan bahwa kaum muda mendominasi lautan manusia yang hadir di stadion tersebut. Ia mengklaim mereka datang secara sukarela. Alih-alih difasilitasi apalagi dibayar.

“Mereka mengaku datang dengan suka rela tanpa dibayar atau fasilitas apapun, @aniesbaswedan menjadi Magnet Perubahan,” jelasnya.

Partai NasDem memang merupakan tempat yang tepat bagi anak muda yang mau mengekspresikan minat dan bakat berpolitik. Itu terbukti dengan banyaknya jumlah kader muda partai ini.

Partai NasDem memberikan kesempatan luas bagi perempuan dan anak muda yang ingin masuk politik. Hal ini terbukti 60 persen kader NasDem berasal dari generasi Z dan milenial.

Selain itu, dari 40 persen anggota DPR fraksi NasDem adalah perempuan. Ditambah, 10 anggota DPR RI fraksi NasDem berasal dari generasi milenial.

Kader milenial NasDem, Kresna Dewanata Phrosakh, berpendapat bahwa 2024 adalah tahun untuk anak muda berpolitik.

“2024 adalah tahunnya anak muda untuk bisa menguasai lini-lini di seluruh aspek di Indonesia. Baik itu di segi politik, publik, maupun aspek apapun,” ungkap Kresna dikutip dari Metro TV, Minggu, 16 Juli 2023.

Ketertarikan anak muda untuk menyalurkan bakat politiknya di partai ini tak lepas dari peran Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang sangat peduli dengan kaum muda.

Menurut Kresna, itu terlihat dari bagaimana partai ini membuka peluang yang besar kepada anak-anak muda untuk memberikan sumbangsih nyata dan turut andil.

Kresna juga menyebut ketertarikan anak muda terlihat dari pelaksanaan ASP. Kegiatan ini melibatkan puluhan ribu anak muda dari seluruh Nusantara.

“Kita tau partai NasDem selalu membuka ruang yang sangat luas, anak muda dari segi aktivitasnya, dari segi kreativitasnya semua kita bisa lihat di acara ini.” katanya.

Dirinya pun bisa menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Garda Muda, barisan sayap partai untuk anak muda. Ini bukti NasDem selalu berusaha menempatkan anak-anak muda di posisi yang sama pentingnya dalam memberikan sumbangsih nyata dalam membangun negara dengan caranya sendiri.

“Diajak bekerja sama bagaimana memajukan Indonesia melalui program-program anak muda,” tambahnya.

Anak muda, bagi NasDem adalah aset yang tak bernilai. Terlebih di era yang serba digital ini, anak muda memiliki peluang amat besar dalam berkontribusi membangun politik Indonesia.

Kepedulian anak muda harus diarahkan ke arah perubahan bangsa. Mereka harus diajak mengoptimalkan kemampuan mereka dalam menghasilkan produk-produk digital, karena merekalah generasi yang paling melek teknologi.

“Anak-anak muda ini kan jagonya di era digital, maka jangan cuma dipakai hura-hura, ayo jangan apatis dengan politik. Bisa kok dengan cara-cara yang kreatif sehingga masyarakat tau anak-anak muda pun sudah peduli dengan politik,” jelas Kresna.

Di sisi lain, Apel Siaga Perubahan sendiri dapat disebut sebagai tempat konsolidasi kader NasDem se-Indonesia, khususnya kader-kader muda yang populasinya memang dominan di partai ini.

Kader muda NasDem lainnya, Boni Syahrul Fikri Pratama, yang juga hadir di ASP, mengaku bangga sebagai kader yang turut menorehkan sejarah dengan menghadiri apel ini. Dirinya hadir bersama ribuan kader dan simpatisan lain.

“Alhamdulillah, saat ini saya merasa bangga dan senang menjadi bagian sejarah dalam pelaksanaan Apel siaga Perubahan Partai Nasdem 2024 yang dihadiri oleh kurang lebih 200 ribu kader dan simpatisan yang memenuhi SUGBK,” kata Boni di hadapan awak media.

Menurutnya, kehadiran kader di acara ini adalah bentuk loyalitas dan dukungan kepada partai.

“Bukti antusias masyarakat terhadap pemenangan Partai Nasdem di Pemilu 2024 serta dalam mengusung calon Presiden RI 2024 Bapak Anies Rasyid Baswedan,” ucap Boni

Menurut Boni, acara Apel siaga Nasdem 2024 berjalan dengan lancar serta semangat dan antusiasme kader juga simpatisan yang memenuhi stadion Gelora Bung Karno menjadi bukti konkret bahwa Partai Nasdem solid.

Selain itu, Anies Baswedan sebagai tokoh nasional adalah sosok yang dipercaya masyarakat yang diyakini dapat membawa perubahan Indonesia menjadi lebih baik.

“Apel Siaga Perubahan ini menjadi bukti konkret bahwa Partai Nasdem solid, juga siap memenangkan Bapak Anies Baswedan untuk RI 1 pada Pemilu 2024 yang mendapat kepercayaan masyarakat untuk perubahan Indonesia menjadi lebih baik,” ujar Boni.

Sebagai tokoh muda Partai Nasdem, Boni juga menegaskan siap berperan dalam melakukan perubahan untuk perubahan dan perbaikan Indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik.

“Insya Allah, saya siap all out untuk perubahan dan perbaikan Bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan maju. Saatnya pemuda ikut berperan,” tegas tokoh muda yang baru menginjak usia 22 tahun ini.

Apel Siaga Perubahan Partai NasDem memang telah berlalu, namun semangat dan persatuan antarkader partai terus membara di hati para kader, khususnya para kader muda yang rela meluangkan waktu demi mengokohkan persatuan.

Benar kata Kakak Kresna, bahwa tahun 2024 adalah tahunnya anak muda untuk mengambil peran lebih strategis dalam mengisi lini-lini strategis bangsa Indonesia. Pemuda harus siap berperan lebih.

143 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page