top of page

ESR Bangga 'Tongkonan' dan Rumah Adat 'Mod Aki Aksa' Hadir di Manokwari



Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, Eva Stevany Rataba (ESR) dan Rico Sia menghadiri peresmian Mangrara Banua Tongkonan dan Rumah Adat Mod Aki Aksa di komplek rumah adat kaki seribu ‘Mod Aku Aksa’ (IGKOJEI) Manokwari, Papua Barat, Senin (9/5).


Eva menyebut pembangunan Tongkonan adalah bukti eksisnya warga Toraja di Manokwari.


“Warga Toraja ada di mana-mana, tapi tidak ke mana-mana. Apa yang dibangun ini saya yakin merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya dan membangun harga diri dan martabat warga Toraja di Manokwari,” kata Eva Rataba dalam keterangannya, Selasa (10/5).

Legislator asal Toraja itu juga mengungkapkan rasa bangganya dengan peresmian Mangrara Banua Tongkonan dan Rumah Adat Mod Aki Aksa di Manokwari dan mengucapkan selamat atas peresmian tersebut.


“Selamat dan sukses atas acara Mangrara Banua atau peresmian Tongkonan dan Rumah Adat Mod Aki Aksa di Manokwari,” demikian kata Eva.

Sejak beberapa waktu lalu ratusan warga dari berbagai etnis di Kota Manokwari dan sekitarnya terlihat memenuhi halaman komplek rumah adat kaki seribu ‘Mod Aku Aksa’ (IGKOJEI) yang dibangun berdampingan dengan rumah adat Toraja di Kampung Soribo, Distrik Manokwari Barat, Kota Manokwari.


Tempat tersebut juga menjadi destinasi wisata baru untuk warga sekitar. Mereka sengaja datang untuk berwisata dan berfoto-foto sambil menikmati keindahan rumah adat dua suku yang berdiri berdampingan tersebut, dilengkapi dengan tujuh lumbung padi (alang) di depannya.


Rangkaian acara peresmian yang merupakan penggabungan antara dua budaya berlangsung selama tiga hari, sejak 7-9 Mei 2022. Selain itu prosesi peresmian di hari pertama panitia pembangunan menggelar lomba seni Baca Sura’ Madatu (lomba baca Alkitab), Lomba Gaplek antar rayon dan hiburan malam yang akan dimeriahkan oleh artis Toraja.


Sementara di hari kedua Minggu (8/5) juga dilakukan ibadah yang akan dipimpin oleh GKI Tanah Papua, acara adat, persembahan puji-pujian dari pilar IKT, dan malamnya akan dihibur dengan kelompok pujian lainnya.


Pada puncak pelaksanaan Peresmian rumah adat ini dilakukan doa bersama untuk persiapan Lettoan memasuki area Tongkonan sekaligus penyambutan umat/undangan Ma’parapa’ kemudian akan dilaksanakan ibadah syukur Mangrara Tongkonan (Peresmian Tongkonan) dan pembacaan sejarah IKT Manokwari oleh tim sejarah.


Selain itu juga dilakukan pelantikan pengurus IKT dan BPPO Manokwari masa bahkti 2022-2027 dan peresmian rumah adat yang ditandai dengan pengguntingan pita, penandatanganan Prasasti peresmian diiringi tarian Tumbuk tanah, dan acara Ma’lalan Ada’.


Pada kesempatan tersebut juga hadir Ketua DPRD Toraja Utara dari Fraksi Partai NasDem, Nober Rantesiama, serta tiga Anggota DPRD Toraja Utara dari Fraksi Partai NasDem.



Sumber: nasdem.id






134 tampilan2 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page