top of page

Galau Memilih Partai Politik? Ini Tips dari Kakak Lathifa


Peserta pemilu pada 2024 mendatang akan didominasi oleh generasi muda. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Nasional untuk Pemilu 2024 sebesar 204.807.222 jiwa. Dari jumlah itu52 persen di antaranya adalah pemilih muda.


Memilih partai politik itu merupakan proses yang penting dan berpengaruh dalam sistem demokrasi. Bagi pemilih pemula, memilih partai yang sesuai dengan nilai-nilai dan kepentingan mereka bisa menjadi tugas yang cukup menantang.


Lathifa Al Anshori, Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPP NasDem memberikan panduan tentang cara bagaimana melihat partai politik yang baik untuk didukung dalam pemilu.


Seperti dilansir dari akun Youtube Lathifa Al Anshori, ada beberapa tips dari Kakak Lathifa, begitu peraih gelar Master of Arts in Conflict Resolution dari University of Massachusetts Boston itu akrab disapa, yang akan membantu terutama bagi pemilih pemula agar tidak galau dalam memilih partai politik yang cocok untuk dicobolos.


Pertama: Pahami Ideologi Partai.


Ideologi merupakan dasar dari sebuah partai politik. Salah satu faktor utama dalam memilih partai yang cocok adalah memahami ideologi yang diusung oleh partai tersebut. Ideologi Pancasila menjadi salah satu kriteria penting dalam pemilihan partai di Indonesia. Untuk itu, pastikan partai yang dipilih memiliki kesesuaian nilai-nilai Pancasila sebagai landasan politiknya.


Kedua: Perhatikan Visi dan Misi Partai.


Setiap partai politik biasanya memiliki visi dan misi untuk kemajuan negara dan masyarakat. Pemilih pemula harus melihat apakah visi dan misi partai tersebut sesuai dengan tujuan dan pandangan pribadi mereka tentang masa depan Indonesia. Pastikan partai yang kamu pilih memiliki visi misi yang panjang untuk memajukan dan memakmurkan masyarakat Indonesia.


Ketiga: Tinjau Tokoh-tokoh dalam Partai.


Kita bisa memperhatikan siapa tokoh-tokoh yang menjadi pengurus partai politik. Maka cari tahu apakah tokoh-tokoh tersebut matang, berpengalaman, dan siap untuk melakukan regenerasi ke generasi berikutnya.


Mengapa regenerasi partai politik itu penting? Karena partai politik yang memiliki kehadiran tokoh-tokoh yang terbuka untuk regenerasi akan lebih sesuai dengan anak muda yang ingin berpartisipasi dan terlibat dalam dunia politik.


Keempat: Lihat Kesiapan Partai Menghadapi Tantangan Zaman.


Partai politik yang baik adalah yang mampu beradaptasi dengan tantangan zaman dan tuntutan masyarakat. Pemilih pemula harus mencari partai yang memiliki pandangan dan solusi yang relevan dengan masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh negara dan masyarakat pada saat ini.


Jadi, memilih sebuah partai politik untuk kita jadikan tempat menitipkan suara kita pada pemilu mendatang bukanlah keputusan yang sepele. Pertimbangkan baik-baik dan pikirkan secara matang agar apa yang kamu putuskan dapat berdampak baik bagi diri sendiri, masyarakat, dan negara.

97 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page