top of page

Stop Ikut-ikutan! Jadilah Pemilih Berkelas di Pemilu 2024


Mengambil bagian dalam proses pemilihan umum adalah tanggung jawab penting sebagai warga negara. Bagi pemilih pemula, keterlibatan dalam politik dan pemilihan merupakan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam membentuk masa depan negara.


Sebelum menentukan pilihan, penting bagi pemilih pemula untuk memahami nilai-nilai dan prinsip yang mereka anggap penting lalu mempertimbangkan isu-isu yang berkaitan dengan nilai-nilai tersebut, seperti lingkungan, hak asasi manusia, pendidikan, atau perekonomian. Memahami nilai-nilai pribadi akan membantu dalam menentukan calon legislatif atau partai politik yang sejalan dengan keyakinan mereka.


Pemilih pemula juga dituntut lebih kritis. Teliti lebih dalam tentang apa saja yang mereka tawarkan, misalnya isu atau gagasan apa yang sedang diperjuangkan. Kalau perlu, pelajari programnya juga, termasuk catatan program yang telah mereka kerjakan di masa jabatan sebelumnya. Ini penting demi mengawal visi, integritas dan komitmen seorang calon yang mau dipilih.


Generasi muda dan pemilih pemula tidak perlu ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki pengalaman dalam politik atau memahami isu-isu yang relevan. Mereka bisa mengikuti acara-acara publik yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan calon kandidat, anggota partai politik, dan sesama pemilih. Berdiskusi dengan orang yang berbeda pendapat dapat membantu anak muda memperluas wawasan dan mempertimbangkan sudut pandang yang beragam sebelum membuat keputusan.


Yang paling penting, pemilih pemula tidak boleh luput mempertimbangkan dampak keputusan mereka dalam jangka pendek dan jangka panjang, termasuk implikasi kebijakan yang akan diberlakukan oleh calon yang mereka pilih terhadap masyarakat, lingkungan, dan generasi mereka.


Sebagai catatan, dalam era informasi yang begitu cepat dan luas, pemilih pemula yang didominasi anak muda sering kali dihadapkan pada tekanan untuk ikut-ikutan dalam memilih. Namun yang penting untuk mereka lakukan adalah mempertahankan independensi dan kebijaksanaan dalam proses menemukan pilihan yang sesuai dengan nilai dan prinsip yang mereka pegang.


Terakhir, jangan biarkan hak pilihmu sebagai pemilih pemula hangus. Pastikan menggunakan hak pilih dengan mengunjungi tempat pemungutan suara pada hari pemilihan.


Jangan golput dan stop ikut-ikutan!

29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page